nusakini.com - Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Antonius Tonny Budiono dalam siaran persnya, Kamis (2/6/2016) menyampaikan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meresmikan enam pelabuhan di Pulau Sumatera.

Adapun pelabuhan yang diresmikan antara lain : 

- Pelabuhan Calang di Aceh 

- Pelabuhan Singkil di Aceh.

- Pelabuhan Sirombu di Sumut

- Pelabuhan Tanjung Tiram di Sumut

- Pelabuhan Tua Pejat di Sumbar

- Pelabuhan Sadai di Bangka Belitung.

Adapun pembangunan dan pengembangan keenam pelabuhan ini dibiayai oleh dana APBN dengan total nilai investasi sebesar 264,4 miliar 

Pembangunan infrastruktur pelabuhan ini, menurut Antonius diharapkan bisa memfasilitasi keterhubungan antar wilayah menjadi lebih efektif, efisien dan terjangkau. Serta meningkatkan aksesibilitas arus manusia dan barang. 

“Pembangunan pelabuhan di Pulau Sumatera ini juga berfungsi untuk melayani pelayaran kapal perintis. Adapun jaringan trayek kapal perintis meliputi trayek R-1, R-2 dan R-3 dengan kapal-kapalnya antara lain KM. Sabuk Nusantara 35, KM. Sabuk Nusantara 37, dan Kapal Coaster sebesar 1200 DWT," kata Antonius. 

Peresmian enam pelabuhan di wilayah Sumatera ini, sambung Antonius menjadi penutup rangkaian kegiatan peresmian 91 infrastruktur pelabuhan di seluruh Indonesia.(if/mk)